Suhu

Suhu

Baca sebentar!!!

Dalam ruang tertutup di siang hari sering membuat kita merasa tidak nyaman, banyak keringat yang keluar dari kulit kita sebagai sisa metabolisme tubuh, sehingga banyak ruangan yang dilengkapi dengan alat pengatur suhu ruangan. Mungkin juga kelasmu? Sehingga kita merasa nyaman untuk belajar dan bukan malah tertidur. Namun, apakah suhu itu? Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin? Ok… untuk mengetahui jawabnnya, lets chek this out…!!!

Prepare your mind

Apa kamu punya thermometer skala 1000C, cepat ambil! Ambil juga air yang baru mendidih, sentuh sedikit, apa yang kamu rasakan?hmm…hati-hati ya! Ukur suhunya dengan thermometer. Lalu ambil air es, sentuh juga, apa yang kamu rasakan? Latakkan thermometer selama 5 manit, lihat skalanya! Catatlah hasilnya dan ingat!

Pengertian Suhu 

Berdasarkan kegiatan tadi apa yang kamu temukan? Setujukah kamu dengan pernyataan berikut ini:

Suhu menyatakan derajat panas suatu benda. Makin tinggi suhu suatu benda, maka makin tinggi derajat panas yang dimilikinya”.

Atau mungkin kamu punya ide lain? Katakan, itu mungkin lebih tepat!

Tahukah kamu!

  • Suhu suatu benda berkaitan dengan getaran partikel-partikel benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, partikel-partikel penyusun benda bergerak dengan kecepatan tinggi.
  • Suhu normal tubuh 370C. jika suhu tubuh mendekati 450C, harapan hidup orang itu tipis. Jika suhu tubuh turun lebih dari 20C, mekanisme tubuh tidak bekerja lagi sebagaimana mestinya. Kondisi ini disebut hipotermia.

Alat ukur suhu

kamu pasti sudah tahu apa itu alat ukur suhu! Ya thermometer, prinsip kerja thermometer, biasanya menggunakan sifat pemuaian zat cair. Dalam zat cair terdapat wadah yamg berisi zat cair. Wadah ini berhubungan dengan pipa kapiler. Termometer dibuat dari kaca transparan agar zat cair di dalamya terlihat, sepanjang pipa kapiler terdapat skala suhu. Sifat naik turunnya permukaan alkohol dalah pipa sebagi akibat pemuaian zat inilah yang digunakan untuk mengukur suhu. Zat cair yang digunakan biasanya raksa atau alkohol.

Skala suhu

Ada 4 macam skala suhu, Celcius, Kelvin, Reamur dan Fahrenheit. Dengan perbandingan

tC : tR : tF = 5 : 4 : 9

untuk tc ketk  dengan cara tk = tc + 273

sedangkan untuk tf = (9/5 tc + 32) 0F

 

Tugasmu!

1.    Ayo membuat thermometer sederhana!

Siapkan akohol, botol air mineral, sedotan, dan plastisin. Caranya isi botol dengan alkohol, lalu masukkan sedotan setengah bagian dan sebagian lagi diluar botol, lalu beri plastisin pada mulut botol sehingga sedotan tidak bergerak. Lalu coba letakkan di dalam air panas dan air es!

 

2.    Cari informasi tentang suhu nol mutlak, dan mengapa  suhu terendah adalah -2730C!

Daftar Pustaka

Abdullah, Mikrajuddin. 2007. IPA Fisika. Jakarta: Erlangga

Tinggalkan komentar